Website J.K Rowling

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang website J.K Rowling, siapa yang tidak tahu dia saat sekarang ini. Penulis terkenal yang sukses dengan buku Harry Potter nya yang merupakan buku terlaris di dunia. Di dalam website J.K Rowling ini fungsi utamanya sebagai fortofolio dari karya-karya dia.

Pertama kali membuka website ini menurut saya menarik. Awal tampilan kita dapat memilih bahasa yang kita inginkan, dan tentunya bahasanya terbatas tidak semua bahasa ada. 

Halaman utamanya seperti di bawah ini, mungkin awal pertama kali melihat tampilan utamanya seperti acak-acakan susunan barang-barangnya. Tapi menurut saya sangat menarik karena setiap disorot semua bendanya mempunyai interaksi masing-masing dan ada dua hewan yang berinteraksi ketika kita sorot dan soundnya pun berbeda-beda. 


Tetapi ada kelemahannya yaitu setiap benda di website tersebut merupakan icon dari sebuah menu dari website tersebut, nama menunya tidak di tampilkan. Ketika di sorot salah satu benda, maka baru akan terlihat  menu apakah benda itu. Hal ini sangat merepotkan kita karena kita tidak mengingat nama menu-menu tersebut. Di bawah ini gambar ketika menu di sorot:


Di website tersebut berisi Biography, Rumours, News, Everything you might want to know, Extra Stuff, Links dan Rubbish Bin. Pada menu  Extra Stuff, Links dan Rubbish Bin, saya merasa bingung saat ingin keluar dari menu tersebut karena tidak ada tombol ‘Close’ seperti menu lainnya. Dan ternyata tombol  ‘Close’ nya hanya dengan mengklik icon menu tersebut. Ini kurang baik dalam interaksi karena dapat membuat user bingung. Di bawah ini tampilanya, tombol close yang di lingkari berwarna merah.
Tampilan Extra Stuff
Tampilan Links
Tampilan Rubbish Bin
 Sisi menarik website ini terletak pada sisi desain dan seluruh interaksi di website ini interaktif yaitu dapat bergerak sehingga kita saya merasa tidak bosan dan malahan ingin mengetahui apa saja informasi yang ada di website ini.

Website ini cukup menarik menurut saya, tetapi tidak ada website yang sempurna karena pasti masih memiliki kekurangan. Begitu juga dengan saya yang memiliki kekurangan dalam menganalisis website ini.  :)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

15 komentar:

ilvi nurrizki utami mengatakan...

web ini memang sangat menarik, tapi bingung juga ya icon-iconnya.

apalagi dengan banyak gambar, makin sulit untuk user memilih menu yang diinginkan.

tapi setiap orang membuat web ingin berkreatifitas sesuai apa yang diinginkannya.

Erni Yusniar mengatakan...

iya, kelemahan web itu mungkin dari segi menu yang tidak terlihat dari awal dan dapat membingungkan user.

makasih komennya :)

Septy Masyhud mengatakan...

design keren banget,lucu,enak dipandang. orang yang pertama kali masuk website ini pasti sangat penasaran. Tapi saya bingung ketika mencari navigation link dari website ini, karena tidak nampak dan adda beberap menu yang kurang saya mengerti.

altroBlog mengatakan...

Wow,..
Keren,.
Tapi saya termasuk user daya imagine visual yang lemah,. saya masih susah untuk memahami rancangan website ini,. maklum NEWBIE,. mohon pencerahannya masti erni untuk menjelaskan secara singkat tujuan website ini,. n_n

Zico Agustian Rusdy mengatakan...

Secara layout keseleruhan, sepertinya JK Rowling ingin membawa suasana magis ala sihir Harry Potter ke dalam websitenya, maka dari itu iya menyembunyikan tombol "close" dalam image yg berbeda-beda. Kalo menurut gw kita mesti rajin2 nyorot setiap gambar yang ada di web tersebut supaya tau link apa yg ada di balik gambar2 tersebut, dan ini memang kurang memanjakan user. Overall ulasan lo tentang web ini bagus er.

Anonim mengatakan...

hem...website yang cukup menyeramkan apalagi dibuka tengah malam dan rumah lagi sepi + baru pulang nonton bioskop film hantu ala Indonesia,hihi...menurut ane ulasan yang cukup bagus + detail, namun sedikti mengomentari setelah coba mengunjungi websitenya dan coba akses ane sedikit kesal sebab ane dipaksa untuk buka jendela browser baru padahal ane pribadi dan juga pengguna internet sacara umum sangat tidak suka jika harus membuka jendela browser baru karena lebih nyaman membuka 1 jendela browser dengan banyak tab...he he, tq infonya

Anonim mengatakan...

Weeewwwww, webnya rame bgt, JK rowling mungkin ingin menimbulkan kesan tersendiri untuk para pengunjungnya :D

#NURDINTURUN!!

Zoharvrida mengatakan...

Ini website flash yang bagus, mengusung tema desk sebagai area kerjanya sehingga banyak barang-barang yang berserakan seperti yang sering kita jumpai di meja kerja kita.

Namun jika kita perhatikan secara seksama saat pertama kali load website, item di meja muncul satu persatu, sehingga asumsi kita, semua item yang muncul dapat di click dan akan mengarahkan kita menuju konten tertentu, dan ternyata tidak semua benda bisa di click dalam website ini.

Dari segi tampilan dan interaktifitas, website ini termasuk menarik, dan benar apa yang dikatakan TS, beberapa orang akan betah untuk berlama-lama di website ini dan menggali informasi di dalamnya.

duRam mengatakan...

waaaw...
apa tak pusing..????
isinya banyak amat...
tapi menarik sih...

Erni Yusniar mengatakan...

iya memang nuansa web nya rame bgt, ya mungkin memang ada tujuan sendiri dari si pembuat web tsb.

makasih atas semua komennya :)

Armen Marta mengatakan...

weewww, keren yeuhh.
tp masih bingung ma isinya, ga ngerti bahasa inggris.
:malu

Anonim mengatakan...

Web nya bagus dari segi desainya, juga memberi kesan menarik, walaupun sedikit membuat bingung saat harus mencari dimana letak menu2 nya..

Erni Yusniar mengatakan...

ame : makanya belajar :P
iqbal: iya kelemahanya itu yang bikin kita ribet nyari menunya..

makasih udah pada komen di sini..

felliyana mengatakan...

seru juga...
asik kaya main petak umpet...
mungkin emang disitu nilai plusnya...sensasi berhasil menemukan yang dicari dari yang tersembunyi...

BASRI YUDIANTO mengatakan...

setiap web emang berbeda,,, emang kesannya membingungkan jika berkunjung keblog, J.K Rowling,, tetapi menurut diriku blognya unik dan kreatif. melatih logika, dan berusha mencari fungsi tiap tombol dan kegunaannya. unikkk.

Posting Komentar